Sambutan Dekan FKIP unila, Prof. Dr. Patuan raja, M.Pd.

Acara puncak kegiatan dies natalis ke-53 FKIP Unila diisi dengan Orasi Ilmiah dan penyampaian penghargaan dari berbagai lomba (Penghargaan Dekan). Acara ini merupakan puncak dari berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan sejak 1 Desember 2020. Rangkaian lomba telah dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa, alumni, guru, tenaga kependidikan dan Dosen FKIP Unila. Orasi Ilmiah, dalam menanggapi kondisi pandemi Covid-19 meningkatkan ketangguhan sosial dari perspektif pendidikan, disampaikan oleh Dr. Fitri Daryanti, M.Sn., dan Dr. Doni Andra, M.Sc.
.


Acara Puncak dilaksanakan secara daring dan luring, dihadiri oleh Rektor Universitas Lampung yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Heriyandi, M.S., Pimpinan Universitas Lampung, Dekan FKIP Unila dan jajaran, para Ketua Jurusan, Kaprodi, Dosen dan Mahasiswa FKIP Unila. Acara tersebut dilaksanakan melalui dua model, luring dan daring. Panitia dan pimpinan FKIP Unila menghadiri secara luring dengan protokol kesehatan ketat, peserta lainnya mengikuti melalui Zoom maupun Live YouTube Streaming. Acara tersebut diawali dengan sambutan para pimpinan, prosesi pemotongan tumpeng oleh Dekan dan diberikan secara simbolis kepada Ketua Senat, dan perwakilan pimpinan FKIP Unila., kemudian dilanjutkan pemaparan Orasi Ilmiah oleh dua orang dosen yang baru baru menyandang gelar doktor. Selain itu, Dekan beserta jajaran memberikan apresiasi kepada para tenaga kependidikan dan dosen FKIP Unila melalui program Tali Asih Purnabakti, yang diakhiri dengan penyampaian juara dari berbagai lomba rangkaian dies natalis FKIP Unila yang dibacakan oleh ketua umum panitia kegiatan dies natalis FKIP Unila ke-53 yaitu Dr. Sunyono, M.Si., yang menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FKIP Universitas Lampung, pada Sabtu, 20/2.
.


Dekan FKIP unila, Prof. Dr. Patuan Raja, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan laporan terhadap perkembangan FKIP Unila. Ia mengatakan capaian renstra perolehan pembukaan Pendidikan Profesi Guru (PPG), Prodi S3 Program Doktor Pendidikan dan dan Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Budaya Lampung. Capain lanjutannya adalah FKIP Unila berhasil mengusulkan lima orang calon guru besar. Selain itu FKIP Unila telah berhasil menyelenggarakan blended learning dan saat ini tengah menyiapkan program Smart Clasroom sesuai dengan tagline FKIP Unila yaitu Unggul dan Adaptif untuk menyikapi kondisi saat ini demi kemajuan dunia pendiidkan. (Red).
.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Heryandi, M.S., sekaligus membuka acara tersebut, dalam sambutannya berterima kasih kepada FKIP Unila karena telah memberikan sumbangsih tehadap perkembangan pendidikan di FKIP maupun di Unila. Tema kegiatan ini “Membangun ketangguhan sosial dengan implementasi merdeka belajar dalam menghadapi pandemi COVID-19” sangat menarik karena sangat relevan dengan isu belajar dan pembelajaran serta kondisi saat ini. “Semangat tema ini harus selalu kita bangun ke depannya mengingat pandemi COVID-19 ini sangat berdampak pada sektor pendidikan. Namun, tujuan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka harus tetap kita capai. Cara kita bekerja berubah secara drastis, banyak lapangan pekerjaan yang hilang, serta banyak juga lapangan pekerjaan baru yang bermunculan. Begitu juga dengan perubahan ekonomi, sosial, dan budaya yang terjadi saat ini, berlangsung sangat pesat. Oleh karena itu, Universitas Lampung sangat merespon masa yang sangat dinamis ini”, ujarnya. Ia mengucapkan selamat ulang tahun FKIP semoga semakin jaya selalu, tutupnya.
.
Koordinator Acara Puncak, Gede Eka Putrawan, M.Hum., menyatakan bahwa Acara Puncak Dies Natalis ini merupakan kegiatan yang terakhir setelah melewati berbagai rangkaian kegiatan sejak tanggal 1 Desember 2020. Acara puncak ini telah dipersiapakan secara matang sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim atas upaya mereka sehingga acara puncak dies natalis Ke-53 FKIP Unila berjalan dengan lancar.
.
Ketua Umum Dies FKIP Unila:
Ketua umum pelaksanaan kegiatan Dies Natalis FKIP unila ke-53, Dr. Sunyono, M.Si., saat ditemui Eduspot disela kegiatan acara puncak, menyampaikan bahwa FKIP Unila telah menyelenggarakan kegiatan Dies Natalis FKIP ke-53 secara online, namun ia melihat sisi kelebihan dari penyelengaraan kali ini, beberapa ide muncul untuk dilaksanakan seperti lomba tenaga pendidikan berprestasi, “capnya”. Selain itu, ia mengatakan bahwa FKIP memiliki beberapa program unggulan ke depan, diantaranya menyiapkan Smart Classroom yang diawali untuk program doktor pendidikan FKIP Unila pada tahun 2021 dan berlanjut untuk semua jurusan FKIP Unila. Kedua, mengusulkan sebanyak 10 Guru Besar dari FKIP sampai pada akhir 2021 mendatang. Ketiga, menyiapkan kelas internasional dari Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unila yang baru saja memperoleh akreditasi A, termasuk dari segi bantuan penelitian maupun pengabdian yang bertaraf internasional. Ia juga memberikan dorongan agar program studi lain terus berkarya untuk menjadi program studi yang unggul. Ketua umum pelaksana kegiatan dies natalis yang sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama itu juga mengatakan bahwa setiap bertemu Rektor selalu mengingatkan dan memotivasi untuk segera meraih jabatan akademik tertinggi yaitu guru besar, Tutupnya.

Leave a Comment